Briket Limbah Tapioka Sebagai Energi Alternatif

Sabtu, 20 November 2010
Kalian pasti udah pada tahu kana pa itu briket ? biasanya briket terbuat dari batu bara, tapi kali ini terbuat dari limbah tapioca . Limbah tapioca dapat di ambil dari ampas ketela pohonng yang di parut.

Udah pada tahu kan kala saat ini energi untuk kehidupan sangat mahal oleh karena itu masyarakat dunia saling berebutan untuk mendapatkan energi . sumber energi terbesar adalah matahari. Energi matahari yang tersimpan pada tumbuhan melalui proses fotosintesis antara lain ubi kayu, setelah tepung tapioka nya di ambil terdapat sisa di sebut limbah tapioca yang masih menyimpan energi.
Seluruh energi yang di dapat dari berbagai bentuk tak dapat di ciptakan atau di musnahkan tetapi energi dapat berubah dari bentuk satu kebentuk yang lain . energi yang tak dapat di perbaharui antara lain : minyak bumi dan batu bara, sedangkan energi yang dapat di perbaharui berasal dari seluruh tanaman di permukaan bumi misalnya ya ubi kayu nie…. Limbahnya ja masih bisa di manfaatin !!!
Mau tau gimana cara nya manfaatin limbah tapioka nie jadi briket . untuk itu siapin alat dan bahannya :
1. Alat - cetakan kaleng bekas
- pemanas
- ampas ketela pohon
2. Cara Kerja :
- ampas ketela pohon di tiriskan agar kadar air yang terkandung dapat berkurang
- setelah ampas di tiriskan , ampas di masukkan ke cetakan ( di pres) dan di panaskan hingga terbentuk seperti batu bata
- kemudian lepaskan atau keluarkan dari cetakan
- maka terbentuklah briket yang agak kehitaman dan siap di gunakan bahkan di pasarkan

Jika briket di beri api sehingga dapat membara maka dapat di manfaatkan sebagai energi pengganti minyak tanah karena dapat di gunakan sebagai memasak . jadi bara api dari briket dapat menghasilkan energi panas sebagai pengganti minyak tanah untuk memasak.
Limbah tepungtapioka yang telah di buat dalam dalam bentuk briket , sebagai energi alternative nie… memiliki kelebihan daripda minyak tanah mengeluarkan asap yang dapat mengganggu pencemaran lingkungan .
Dengan begitu krisis minyak bumi yang melanda di berbagai belahan bumi dapat di tangani dengan energi alternative baru misalnya briket limbah tapioca nie… !!! mau tau alasannya ??
Ya.. karma .. limbah tapioca masih mengandung energi, dengan di buat dalam bentuk briket,… limbah tersebut akan lebih bermanfaat . lebih ekonomis pila…!!
Di coba ya…!!!

0 komentar:

Posting Komentar